Salonfoto Indonesia ke 35 Tahun 2014

Bulan Oktober 2013, kota Medan terpilih sebagai tuan rumah dalam Raker FPSI di Bandung, Toba Photographer Club (TPC) mulai mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Salon Foto Indonesia (SFI) ke 35. Walaupun baru pertama kali di laksanakan di Medan dan TPC sendiri tentunya belum punya pengalaman sebagai tuan rumah SFI. Namun dengan persiapan panjang, semua progress pekerjaan dapat dilalui dengan baik.

Pada tgl 24 Oktober 2014 SFI 35  telah sampai pada tahap penjurian. Setelah masa pengumpulan karya foto sejak 1 Juli hingga 1 Oktober, maka terkumpul 2.564 foto dari seluruh Indonesia yang terbagi dalam empat kategori yaitu kategori Cetak Warna sebanyak 828 foto, Cetak Monochrome 746, foto Photo Travel 638 foto, dan Foto Creative 352 foto. Untuk menilai foto-foto tersebut, para juri yang merupakan fotografer senior di Indonesia, melakukan penjurian pada hari Jumat (24/10) dan Sabtu (25/10) di Hotel Garuda Plaza Medan. Penjurian ini terbuka untuk umum, sehingga siapa saja boleh menyaksikan proses penjurian setiap kategori yang masing-masing kategori dinilai oleh lima orang juri menggunakan perangkat elektronik.

Kategori foto yang diperlombakan adalah kategori Cetak Warna, Cetak Monochrome, Soft Copy travel, Soft Copy Creative. Setiap kategori terdiri dari 5 orang dewan juri. Bapak Johnny Hendarta dan Bapak Budi Darmawan bertindak sebagai koordinator juri.

Petrus Loo selaku Ketua Panitia SFI ke-35 Tahun 2014, mengajak seluruh penghobi dan penikmat fotografi di Kota Medan untuk memanfaatkan kesempatan yang mungkin sulit terulang kembali pada jangka waktu yang lama ini. Kesempatan ini juga digunakan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dan silahturahmi dengan fotografer dari berbagai wilayah tanah air, seperti Makasar, Bali, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Jakarta, Batam, dll.

“Sebab setelah 35 kali diselenggarakan sejak tahun 1973, baru kali ini Kota Medan, bahkan pulau Sumatera berkesempatan menjadi tuan rumah.” tambah Petrus.

Disela – sela SFI 35, tanggal 25 Oktober 2014 malam juga diselenggarakan rapat kerja FPSI. Dalam rapat tersebut di putuskan Komunitas Fotografer  Semarang (KFS) terpilih menjadi tuan rumah SFI ke 36 dan sekaligus menjadi tuan rumah Munas FPSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *