Mari Buat Kacamata Gerhana Matahari Sendiri !

[pullquote align=”full” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Gerhana total terjadi jika saat puncak gerhana, bulatan Matahari ditutup seutuhnya oleh bulatan Bulan. Ketika itu, bulatan Bulan sama besar atau bahkan lebih besar dari bulatan Matahari. Ukuran bulatan Matahari & bulatan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan & Bumi-Matahari.[/pullquote] Info Astronomy – Gerhana Matahari bakal lintasi Indonesia pada 9 Maret 2016, ini merupakan momen langka yang sayang untuk dilewatkan. Namun, mengamati Matahari ketika ataupun tidak saat gerhana sangat berbahaya, Anda butuh kacamata berfilter Matahari untuk melindungi mata.

Jika Anda berniat untuk membuat kacamata Matahari yang dapat digunakan untuk mengamati Gerhana Matahari 9 Maret 2016, pada artikel ini kami telah tulis tutorialnya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. Pola kacamata Matahari, download gratis di sini.
2. Filter Matahari (boleh merk Seymour atau Baader, wajib tipe Neutral Density 5).
3. Cutter atau gunting.
4. Lem.
5. Kertas karton putih yang kuat.

Pola kacamata Matahari. Kredit: Info Astronomy

Pola kacamata Matahari. Kredit: Info Astronomy

Cara membuat:

1. Download pola kacamata Matahari, lalu print/cetak pada kertas karton yang telah disiapkan.
2. Potong sesuai pola dengan cutter atau gunting.
3. Lipat pola yang ditandai dengan garis putus-putus.
4. Lubangi empat kotak lensa dengan cutter atau gunting.
5, Potong filter Matahari sedikit lebih besar dari kotak lensa, lalu sisipkan.
6. Lem semua sisi sehingga kacamata Matahari menjadi seperti gambar paling atas di artikel ini.

Perhatian! Harap gunakan filter Matahari yang memang dikhususkan untuk melihat Matahari secara langsung. Penggunaan bekas disket tidak cukup aman dan tidak mampu meredam silau Matahari yang dapat membakar retina mata sehingga menyebabkan kebutaan.

Cara menggunakan kacamata Matahari ini cukup kenakan di siang hari atau saat momen gerhana Matahari, lalu arahkan pandangan ke Matahari. JANGAN PERNAH melihat langsung ke arah Matahari tanpa kacamata Matahari berfilter khusus.

Tidak punya filter Matahari? Anda dapat menggantinya dengan negatif film hitam-putih (jangan yang berwarna). Negatif film hitam-putih harus diekspos atau dipapar di bawah sinar Matahari minimal 60 menit, selanjutnya harus dicuci di studio foto. Potong dan rekatkan hingga tiga lapis atau tiga tumpuk. Filter dari negatif film ini sudah cukup aman untuk pengamatan Matahari maksimal hingga 2 menit.

Belum tau informasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016? Unduh ebook panduan dan informasinya di sini: infoastronomy.org/gerhana-2016

 

karnadi lim

karnadi lim

Founder at KarnadiLim.com
Penggiat dunia pendidikan yang juga jatuh cinta pada traveling dan fotografi. Kerap menghabiskan waktu libur dengan berpetualang ke berbagai tempat yang eksotis dan kota tua serta UNESCO heritage site menjadi spot wajib dalam petualangannya. Karyanya terangkum apik di www.karnadilim.com
karnadi lim

Latest posts by karnadi lim (see all)

Leave a Reply