Mengejar Gerhana Matahari 2016

Fase Gerhana

Rencana Berburu Gerhana Matahari Total (GMT) ini telah direncanakan tiga bulan yang lalu. Sehingga harga tiket pesawat dan akomodasi masih terhitung normal. Gerhana Matahari Total merupakan peristiwa bersejarah dan baru akan terulang untuk jangka waktu yang cukup lama. Pilihan ke Belitung dari daerah lain, selain lebih dekat, Belitung dikenal keindahan alamnya yang telah juga menjadi salah satu spot incaran Fotografer. Persiapan demi persiapan terus dilakukan dan akhirnya ada 17 anggota Toba Photographer Club yang berangkat.

Aura berburu gerhana mulai terasa ketika transit di bandara Soekarno Hatta, termasuk wisatawan asing yang berjubel menuju ke Belitung. Untuk memperkuat persiapan dan pemahaman lokasi atau spot tempat menyaksikan Gerhana Matahari Total nantinya, salah satu anggota team telah berangkat lebih awal satu hari dari kami. Pantai Serdang yang terletak di kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur menjadi pilihan untuk posisi motret. Alasan utamanya untuk menghindari padatnya lautan manusia di pantai – pantai tertentu , seperti pantai Kelayang di Belitung Barat.

Butuh waktu 1.5 jam dari Tanjung Pandan menuju Pantai Serdang. Sehingga memaksa kami untuk berangkat subuh jam 3.30 wib. Baru tiba di Tanjung Pandan sore satu hari sebelumnya, besoknya sudah harus bangun pagi-pagi. Karena selain berburu gerhana para fotografer  juga berburu sunrise/ matahari terbit. Dengan kondisi badan jalan yang mulus dan bersih, tentunya tidak ada kemacetan membuat semuanya dapat berjalan lancar.

Sunrise menjelang gerhana

Tiba lebih awal, bisa mendapatkan posisi berdiri yang lebih baik, karena masih belum banyak yang datang.  Ribuan orang hadir untuk mengamati Gerhana yang sudah mulai memperlihatkan tanda-tandanya menjelang pukul 7 pagi. Penonton berteriak, berdecak kagum dan melafaskan doa ketika Gerhana Matahari Total terjadi. Karena langit mendadak menjadi gelap sekitar 2 menit, seperti memasuki jam 19 malam. Namun dari segi fotografi, langit di Belitung tidak mendukung , banyaknya awan membuat langit tidak bersih. Sebagian matahari tertutup oleh awan saat terjadinya gerhana total. Itulah alam yang sulit diprediksi, tetapi setidaknya kami dapat menyaksikan keajaiban karya Tuhan. Gerhana Matahari Total ditempat yang sama akan dapat disaksikan lagi pada 250 tahun yang akan datang, sehingga perjalanan ini dan menyaksikan langsung GMT di Pantai Serdang cukup berarti bagi kami semua.

Mendung diatas Belitung

Foto keluarga di Total Eclipse

Selain dari Belitung, Anggota Toba Photographer Club yang tidak bisa berangkat ke daerah yang terlintasi Gerhana Matahari Total juga mengadakan hunting di berbagai sudut Sumatera Utara untuk bersama-sama menyaksikan dan mengabadikan moment yang langka ini, Berikut ini penampakan Gerhana Matahari yang berhasil di rekam oleh teman-teman dari Toba Photographer Club

Gerhana Matahari Partial Medan

puncak gerhana partial Fase Awal Gerhana di Kabanjahe Matahari di lahap naga

karnadi lim

karnadi lim

Founder at KarnadiLim.com
Penggiat dunia pendidikan yang juga jatuh cinta pada traveling dan fotografi. Kerap menghabiskan waktu libur dengan berpetualang ke berbagai tempat yang eksotis dan kota tua serta UNESCO heritage site menjadi spot wajib dalam petualangannya. Karyanya terangkum apik di www.karnadilim.com
karnadi lim

2 Comments

Leave a Reply