Mengisi “Kemerdekaan” dengan Game dan Aksi Sosial

Pada tanggal 17 Agustus 2011, berketepatan dengan perayaan ulang tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 66, Komunitas Medan Traveling Lover yang biasa di kenal MENTEL dan Couchsurfing Medan mengadakan acara yang tidak kalah serunya, walaupun acara tersebut sederhana tetapi mampu meningkatkan kekompakan sesama teman-teman di komunitas.

Mengambil tempat di “Taman Beringin” Jalan Cik Di Tiro berkumpullah sekelompok “manusia” dari berbagai golongan baik muda dan tua, sebenarnya cukup bangga juga dengan kehadiran teman-teman yang cukup antusias, bisa di bayangkan ketika teman-teman yang lain nya menghabiskan “liburan” menyambut Kemerdekaan RI dengan duduk-duduk di cafe atau tempat tongkrongn dengan di temani laptop dan ipad, disini berkumpul sekelompok orang rela berpanas-panasan, berkotor-kotor ria, lari sana lari sini demi untuk memeriahkan acara permainan game dalam rangka memeriahkan peringatan Kemerdekaan RI yang ke 66.

Acara di mulai tepat pukul 15.00 (sebenarnya molor 1 jam dari jadwal) tetapi semua yang hadir sangat antusias, dengan dress code merah putih sebentar saja satu sudut di Taman Beringin telah penuh dengan ramainya gelak tawa, jeritan senang dan kecewa karena teamnya menang atau kalah. permainan di mulai dengan ice breaking unuk saling mengenal teman yang satu dengan yang lain. Mengingat banyaknya orang-orang baru yang hadir dalam acara tersebut.

Permainan yang satu di lanjutkan dengan permainan yang lain dan tidak terasa semua energi telah habis dan menyisakan keceriaan karena dapat berkumpul bersama teman-teman memeriahkan hari jadi bangsa kita ini. Dari permainan yang menggunakan fisik hingga permainan yang membutuhkan kerjasama team serta kecakapan dari msing-masing individu yang hadir membuat seisi taman merasa sangat senang karena mendapat “hiburan”

Pukul 16.30 team yang beranggotakan Kelvin “Deajay”, Johan, David “juragan”, bergerak ke tempat pemesanan makanan untuk mengambil pesanan kita. sebagai informasi selain permainan dan kumpul bareng, acara kali ini juga disertai kegiatan sosial, sebagai tanda kepedulian kita kepada sesama, sebagai ucapan syukur atas Kemerdekaan yang telah kita kecap.

Dari sumbangan teman-teman sekalian kita dapat menyalurkan 300 bungkus nasi beserta teh kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung sebagai bekal buka puasa, ataupun sekedar menyambung hidup. 35 orang yang hadir kemudian di bagi menjadi 3 team yang menyebar ke berbagai sudut kota Medan dengan pembagian sebagai berikut : Team 1 dikoordinir oleh Karnadi dengan rute Titi Kuning – Johor – Simpang Pos, Team 2 dikoordinir oleh Fenny Tan dengan rute Simpang Pos – Gagak Hitam – Ring Road – Setia Budi, dan team 3 yang di koordinir oleh Kelvin “Deajay” dengan rute Inti Kota – Merdeka Walk – SM. Raja.

Setelah pembagian “jatah” dengan cepat “pasukan merah putih” menyebar secara sistematis ke daerah-daerah yang telah menjadi target, berbagai cerita, berbagai kesan timbul dari masing-masing pribadi yang terlibat langsung dalam aksi kali ini, semua ini menjadi satu pengalaman yang tidak terbayarkan dan sudah patut kita bersyukur bahwa kita masi sanggup berbagi dengan orang-orang yang tidak beruntung.

Tepat pukul 18.25 rata-rata target dari masing-masing team telah tercapai dan memang masi ada yang belum habis untuk di bagi, di karenakan dalam menyambut Kemerdekaan, mendadak semua “kaum papa” kota Medan merasakan MERDEKA sesaat, yang biasa mudah di temui di setiap simpang jalan pengemis dan anak jalanan yang berkeliaran, tapi disaat hari tersebut semua “menghilang” dan pada hari itu juga secara mendadak “statistik orang miskin” di kota Medan menurun dratis dan tajam :-D. setelah itu kembali masing-masing team bergerak ke Jalan Pelajar Ujung yaitu rumah Belen untuk berbuka puasa bersama.

Dengan makanan yang sama yang di bagikan kepada saudara-saudara kita, kita semua menikmati buka puasa bersama dengan penuh keceriaan, kebersamaan dan tentunya di lanjutkan dengan sholat bagi teman-teman yang Muslim. Setelah kenyang mengisi perut kembali dilanjutkan dengan obrolan-obrolan sesama teman-teman, ada yang mengambil tempat di teras, ada yang mengambil tempat di ruang tamu bahkan ada yang sambil berdiri di taman depan, semua asik dengan topik dan minatnya masing-masing.

Akhirnya waktu juga yang memisahkan kita semua, setelah seharian beraktifitas tepat pukul 21.00 banyak teman-teman yang beranjak dari tempat peraduan nya menuju ke rumah masing-masing dengan membawa pulang berjuta kesan dan pengalaman yang tiada tara untuk di ceritakan kepada teman-teman yang lain tentang #Indahnya Berbagi

Setiap kisah pasti ada akhir, demikian juga kisah petualangan “segerombolan” anak manusia yang mengisi kemerdekaan Indonesia dengan bermain bersama dan aksi sosial ini harus di akhiri juga, cerita ini memang berakhir, tetapi kisah setelah cerita ini tetap berlanjut dengan kembalinya kita berkumpul dan bertemu kembali pada waktu dan kesempatan yang lain untuk merangkaikan kisah-kisah yang lain lagi dan menjadi satu rangkaian perjalanan hidup kita yang tetap dan senantiasa di kenang.

Indahnya Berbagi, kenapa dari awal kalimat ini yang terus kami dengungkan ? jarang sekali di jumpai orang-orang yang sanggup berbagi dengan sesama, apalagi yang berbagi dalam kekurangannya, tetapi kesempatan yang ada ini tidak disia-siakan oleh sebagian teman-teman kita, mereka angkat tangan, merogoh kocek, membantu dari awal proses pengumpulan dana hingga pembagian langsung ke orang yang membutuhkan. itulah keindahan berbagi, kebahagiaan kita bukanlah berapa banyak yang kita berikan tetapi ketika apa yang kita berikan kepada orang lain menghadirkan senyum dan bahagia bagi orang yang menerimanya.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh teman-teman yang telah menyisihkan sedikit rezeki untuk di bagikan kepada mereka-mereka yang membutuhkan. juga kepada teman-teman yang membantu pelaksanaan acara tersebut yaitu : Fenny Tan, Sisi You, Johan, Deajay dan teman-teman yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. kami bangga atas partisipasi dan kepercayaan dari teman-teman kepada kami untuk melakukan yang terbaik bagi sesama.

Sampai jumpa di lain kesempatan dan di lain kegiatan yang akan datang. Berbahagialah mereka yang memberi daripada mereka yang menerima.

 

Medan, Agustus 2011

Medan Traveling Lover

Foto bersama

Foto bersama

 

 

#Indahnya Berbagi 1

#Indahnya Berbagi 1

 

#Indahnya Berbagi 2

#Indahnya Berbagi 2

Keceriaan

Keceriaan

all Photo Credit Title : Erwin Agustinus

all Photo Credit Title : Erwin Agustinus

 

Leave a Reply