Pesona Kota Kuno “Beijing” Yang Tidak Lekang Oleh Waktu

Oleh : 

Tepat pukul 24.00 waktu setempat, burung besi yang saya tumpangi mendarat dengan mulus di Beijing Capital International Airport. Suhu udara malam itu cukup dingin, 9 derajat c. Ya, di bulan Mei, Beijing sudah memasuki musim semi, dimana cuaca sangat tidak menentu, pada siang hari suhu bisa mencapai 30 derajat C, tetapi malam hari bisa jatuh di bawah 10 derajat C. Karena suhu udara yang ekstrim itu, saya agak ribet menentukan baju yang harus di bawa kesana, alhasil, baju tebal dan baju tipis semua saya bawa.

pesona-kota3Begitu menapakkan kaki di ibu kota negara Tirai Bambu ini, terbersit rasa antusias yang besar, inilah kota yang yang mempunyai semua yang serba ter.. ter..ter. Seperti Bandara Udara terbesar di dunia sekaligus tersibuk di Asia. Lapangan Tian An Men yang terluas di dunia, Istana Kaisar alias Kota Terlarang yang terbesar di dunia, serta Great Wall yang merupakan Tujuh Keajaiban Dunia yang senantiasa menduduki peringkat teratas. Dan masih banyak ter yang lain. Pokoknya disana semua serba besar dan luas. Bahkan pembukaan Olympiade pada thn 2008 di Beijing di nobatkan sebagai yang termegah. Yang disayangkan, Beijing juga tercatat sebagai salah satu kota yang mempunyai polusi udara terburuk di dunia.

Kota tua Beijing memiliki berbagai warisan yang menabjubkan dari Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1644-1911) yang wujudnya mulai dari istana, kuil, taman peristirahatan dan tembok besar yang menyedot jutaan pengunjung dari manca negara setiap tahunnya.

Tian An Men

Tian An Men artinya Gerbang Kedamaian Surga yang memiliki luas 440.000 m2 notabene adalah lapangan terluas di dunia saat ini. Lapangan ini terbuka tanda peneduh dan berada persis di tengah kota Beijing. Tempat ini adalah jalan utama menuju Imperial Palace yang terkenal sebagai Forbidden City. Di lapangan inilah dulu Mao Zedong atau Bapak Negara Cina memproklamirkan Republik Rakyat Cina pada 1 Oktober 1949 dengan satu tekad “Cina akan bangkit”. Uniknya, di lapangan ini tidak boleh ada papan reklame, bahkan bus atau kenderaan yang melintas jalan di depan lapangan juga tidak di perbolehkan memiliki reklame di badan bus atau kenderaan. Lapangan ini pernah menjadi sorotaan dunia karena peristiwa berdarah 4 Juni 1989, dimana lebih 3.000 mahasiswa tewas di bantai karena melakukan demonstrasi pro demokrasi. Negara Cina yang menganut paham Komunis tidak bisa mentolerir aksi unjuk rasa tersebut.

Kota Terlarang

Kota Terlarang atau di kenal dengan sebutan Forbidden City di dirikan antara tahun 1406 – 1420 di atas lahan sebesar 720.000 m2. “Kota di Dalam Kota” ini memiliki 9.999 kamar, dan di perkirakan pada zaman dulu di huni oleh 9.000 – 10.000 orang, 3.000 di antaranya adalah pelayan. Kota ini memiliki berbagai nama, masyarakat Cina sendiri lebih suka menyebutnya “Gu Gong” yang artinya Bekas Istana. Oleh Unesco, istana atau kota ini di sebut merupakan struktur kayu kuno di dunia dan terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Layaknya istana, Kota Terlarang juga dikitari benteng setinggi 10 m. Bangunan utamannya di bagi dua, luar dan dalam. Bangunan luar adalah tempat Kaisar menjalankan pemerintahan, dimana tampak sepasang arca singa yang menyimbolkan Kekuatan (power), arca singa jantan mencengkram bola di kakinya yang artinya “Kekuasaan”, di sisi lain arca singa betina mencengkram bayi singa yang artinya “Menjaga Keluarga”. Sementara lingkaran dalam bangunan istana digunakan Kaisar untuk melakukan aktifitas keseharian. Halaman istana dihiasi 308 gentong besar yang dulu berisi air. Kaisar percaya bahwa air bisa mengusir api, tapi menurut versi lain, air itu di pakai untuk memadamkan api bila terjadi kebakaran. Dari 308 gentong itu, 18 di antaranya dulu berlapis emas. Sayangnya, bangsa Manchuria yang menyerbu Kota Terlarang pada tahun 1900 telah mengupas habis lapisan emas itu. kondisi fisik di uji saat mengunjungi Kota Terlarang ini karena dibutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk mengelilnginya dengan berjalan kaki.

Temple of Heavenpesona-kota-2

Temple of Heaven atau Tian Tan yang artinya Kuil Langit di dirikan diatas lahan sebesar 2.700 km2. Di bangun oleh Dinasti Ming pada tahun 1420. Kuil ini di gunakan Kaisar untuk mempersembahkan kurban. salah satu bangunannya yang menonjol adalah Hall of Prayer For Good Harvest setinggi 39 m, tempat Kaisar berdoa memohon panen yang melimpah. Sesuai namanya Kuil Langit, arsitekturnya menyimbolkan hubungan bumi dan langit yang artinya manusia dan Tuhan, ini berkaitan dengan Mitologi Cina yang percaya bahwa Kaisar adalah Putra Langit. Kuil ini adalah alasan mengapa Kota Terlarang lebih kecil, karena Kaisar tidak berani membuat tempat tinggal yang lebih besar daripada Penguasa Langit (Tuhan).

Summer Palace

pesona-kota-1Summer Palace atau Istana Musim Panas terletak di sebelah barat laut kota Beijing. Istana Peristirahatan Kaisar ini mempunyai luas lebih dari 30 km2, membentang dari Danau Kunming sampai Hill of Longevity (Wang Shou San). Merupakan perpaduan istana, danau, bukit dan taman, tidak heran kalau tempat ini di masukkan ke daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Boleh dikatakan kalau Summer Palace adalah perpaduan kecerdasan manusia dalam berkreasi namun tetap berharmoni dengan alam. Di istana inilah dulu Permaisuri Cixi yang tersohor itu menghabiskan masa tuanya. Di plafon istana terdapat 8.000 lukisan indah warna warni, seperti lukisan burung, peri, alam, cerita rakyat, dll. Konon lukisan itu sengaja dibuat agar sang Permaisuri bisa menghabiskan waktu sambil menikmatinya.

Great Wall

Ke Beijing belum lengkap bila tidak mengunjungi Great Wall atau Tembok Besar. Tembok yang merupakan simbol kebanggaan bangsa Cina ini memang membuat kita terkagum-kagum. Memiliki panjang 21.200 km, tembok ini ibarat naga yang menggeliat dari Laut Kuning sampai Gurun Gobi, melingkupi 15 propinsi di Cina. Tembok Besar pertama di dirikan oleh Kaisar Qin Shi Huang pada abad ke 19 SM, dan kemudian pembangunannya diteruskan oleh kaisar kaisar lain yang total memakan waktu hampir 2.000 tahun. Tembok Besar ini dibangun dengan benteng atau menara api pada setiap bagian. Pada masing-masing menara, kita dapat menyaksikan pemandangan alam yang begitu indah. Sementara itu, liku-liku anak tembok menjadikannya bentuk yang unik yang dapat kita saksikan. Terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia ? sudah pasti. Bangsa Cina menamakan tembok ini “Wan Li Chang Chen” yang artinya Tembok Panjang 10.000 Li.

Cina merupakan sebuah negara yang mempunyai sejarah lama, kebudayaan cemerlang dan kaya dengan objek wisata. “Belajarlah Sampai Ke Negri Cina”. Bukankah pepatah juga berkata demikian ?

 

2 Comments

  • Anis Hidayah says:

    Weladalah busyet,,, ituloh Kak, lapangannya Tian An Men, luasnya sama dengan negara Singapura,,,, pokoknya yang ada di Cina itu ter ter ter semua ya kak? Keren dah, saya yang ingin kesana dan belum pernah kesana ingin ke Forbiden ama tembok gedenya ajalah, enak kayaknya suasananya,,, salam kenal kak 🙂

  • Seru banget perjalananya, jadi gak sabaran nunggu cerita seru lainnya, thanks jadi banyak tahu ngeri cina

Leave a Reply