Wayang Jogja Night Carnival 2017, Kemeriahan HUT ke 261 kota Yogyakarta

Dalam memeriahkan hari jadi Kota Yogyakarta ke-261, Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar acara Wayang Jogja Night Carnival. Acara itu sendiri telah menjadi acara tahunan dan menjadi puncak acara peringatan hari jadi kota Yogyakarta dan diselenggarakan setiap tanggal 7 Oktober.

Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang dalam konfrensi pers sesaat sebelum acara di Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Sabtu (7/10), menyampaikan bahwa perayaan tersebut sebagai sebuah bentuk kebersamaan dari warga masyarakat.  “Ini merupakan puncak dari ulang tahun kota Yogyakarta, yang telah dilaksanakan sejak sebulan lalu. Ada makna macam-macam di sini, makna kebersihan, makna olahraga, juga pendidikan. Dengan tema “Bersama Membangun Yogyakarta”, pembangunan bersama, membangun bukan hanya pemerintah tapi seluruh elemen masyarakat juga, bahu membahu membangun.” katanya.

Kali ini, Wayang Jogja Night Carnival hadir kembali dengan menampilkan aksi peserta dari 14 kecamatan yang ada. Acara ini dilangsungkan di sepanjang jalan Sudirman hingga jalan Mangkubumi Yogyakarta mulai pukul 18.00- 22.00 WIB. Acara tersebut dibuka secara resmi langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan memukul gong.

Tugu Pal Putih yang merupakan ikon dari kota Yogyakarta dijadikan sebagai titik pusat dari perhelatan yang menyediakan 3 titik display. Display peserta Wayang Jogja Night Carnival lainnya terdapat di depan eks Indosat Jalan Sudirman dan depan KR Jalan Margo Utomo.

Pada masing-masing titik display para performance akan menampilkan pertunjukan yang telah digarap sesuai dengan tokoh wayang yang telah ditentukan. Tokoh wayang yang ditampilkan yakni Nakula-Sadewa, Antasena, Bathara Guru, Wisanggeni, Drupadi, Bhisma, Karno, Puntodewa, Sugriwa-Subali, Sukasrana-Sumantri, Suwida, Kumbokarna, Bathari Dhurga, dan  Petruk Ratu.

Selain daripada itu, dalam acara tersebut yang juga dihadiri oleh peserta Fam Trip Jogja Night Carnival yang terdiri dari rombongan Media dan Travel Agent. Cerita tentang Jogja dapat dilihat Disini dan Disini.

Sri Sultan Hamengkubuwono X membuka secara resmi Pagelaran Wayang Jogja Night Carnival

Video mapping di Tugu Jogja menampilkan tokoh-tokoh wayang

Mobil yang membawa Logo HUT 261 melintas Podium Utama, Pagelaran Wayang Jogja Night Carnival dimulai

Kelompok pawai pertama Wayang Jogja Night Carnival baru saja melewati start dan sedang beratraksi di depan Tugu Pal Putih

Penari menampilkan Street Art

Tokoh Wayang Dewi Durga sang pembasmi kejahatan

Penari pengisi acara

Perang Baratayuda

Kerumunan masyarakat yang antusias

Peserta Fam Trip Wayang Jogja Night Carnival (Media & Blogger)

Harian MedanBisnis edisi MInggu 17 Oktober 2017

2 Comments

Leave a Reply